Asal Usul Marga Linghu (令狐)

Spread the love

Asal Usul Marga Linghu (令狐)

Nama marga: Linghu
Pinyin: Línghú
Hanzi (Simplified): 令狐
Hanzi (Traditional): 令狐
Penulisan lain:
– Lengho (Minnan)
– Lingwoo
– Lingwu (Kanton)

Pada masa Dinasti Zhou terdapat seorang pejabat senior bernama Bi Wan (Simplified: 毕万, Traditional: 畢萬, Pinyin: Bì Wàn) dengan nama keluarga Ji (姬) yang mendapat anugerah daerah Wei (魏邑) karena berjasa kepada Adipati Wu dari Jin (Simplified: 晋武公, Traditional: 晉武公, Pinyin: Jìn Wǔ Gōng). Oleh karena itu Bi Wan menggunakan Wei (魏) sebagai nama keluarganya.

Beberapa generasi kemudian, salah satu keturunan Bi Wan yang bernama Wei Ke (Simplified: 魏颗, Traditional: 魏顆, Pinyin: Wèi Kē) adalah seorang jenderal yang mengabdi pada Negara Jin (Simplified: 晋国, Traditional: 晉國, Pinyin: Jìn Guó).

Wei Ke meraih banyak kemenangan pada banyak peperangan, salah satunya adalah saat mengalahkan tentara Negara Qin (Simplified: 秦军, Traditional: 秦軍, Pinyin: Qín Jūn) selama pertempuran yang oleh para sejarawan disebut Pertempuran Linghu (令狐之战, Traditional: 令狐之戰, Pinyin: Lìng Hú Zhī Zhàn) antara Jin dan Qin.

Karena kontribusi besar Wei Ke kepada Negara Jin, maka dia dianugerahi Kota Linghu (令狐城).

Bertahun-tahun kemudian, putra Wei Ke yang bernama Wei Xie (Simplified: 魏颉, Traditional: 魏頡, Pinyin: Wèi Xié) mengadopsi Línghú (令狐) sebagai nama keluarga,

Beberapa tokoh terkenal bermarga Línghú (令狐) adalah:

  • Linghu Chu (令狐楚), pejabat pemerintahan pada masa Dinasti Tang.
  • Linghu Defen (令狐德棻), pejabat dan sejarawan pada masa Dinasti Tang.
  • Linghu Tao (令狐绹), pejabat pemerintahan pada masa Dinasti Tang.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =