Cheongsam

Cheongsam adalah pakaian wanita dengan corak bangsa Tionghoa dan menikmati kesuksesan dalam dunia busana internasional.

Nama “Cheongsam” berarti “pakaian panjang”, diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris dari dialek Propinsi Guangdong (Canton) di Tiongkok. Pada daerah lain, termasuk Beijing, dikenal dengan nama “Qipao”, yang terdapat asal usul dibelakangnya.

Pada awal bangsa Manchu (Dinasti Qing) menguasai Tiongkok, mereka mengorganisasi rakyat, terutama bangsa Manchu, ke dalam “panji” (qi) dan disebut “rakyat panji” (qiren), yang lalu menjadi sebutan bagi seluruh bangsa Manchu. Wanita bangsa Manchu mengenakan pakaian yang lalu dinamakan “qipao” atau “pakaian panji”. Revolusi tahun A.D. 1911 menggulingkan kekuasaan bangsa Manchu, namun kebiasaan pakaian wanita bangsa Manchu tetap bertahan, kemudian dikembangkan dan menjadi pakaian tradisional wanita bangsa Cina.

Mudah dikenakan dan nyaman, bentuk pakaian Cheongsam cocok dengan bentuk tubuh wanita bangsa Tionghoa. Leher tinggi, lengkung leher baju tertutup, dan lengan baju bisa pendek, sedang atau panjang, tergantung musim dan selera. Memiliki kancing di sisi kanan, bagian dada longgar, selayak di pinggang, dan dibelah dari sisi, yang kesemuanya semakin menonjolkan kecantikan dari wanita yang mengenakannya.

Cheongsam tidak terlalu susah dibuat. Tidak pula memiliki banyak perlengkapan, seperti sabuk, atau selendang.

Kecantikan lain dari Cheongsam adalah dapat dibuat dari berbagai macam bahan dan memiliki keragaman panjang, dapat digunakan secara santai atau resmi. Juga menampilkan kesederhanaan dan keanggunan, kemewahan dan kerapian. Tidak mengherankan banyak disukai oleh wanita, tidak hanya di Tiongkok namun juga di negara-negara lain di dunia.



You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
15 Responses
  1. Robyn says:

    Halo, aku adalah seorang Cina sedang belajar di Indonesia, makasih ya tentang cheongsam itu, saya sedang mencari di Internet.

  2. aiwela tan says:

    Thanx about informasinny y…w aiwela w ska bgt ttg chinese coalny w peranakan n lum tw bnyk mslh budayany..n ne w jd bnyk tw..she..she..

  3. luzi says:

    saya sedang mencari baju cheongsam..bisa tlg bantu saya dimana saya bisa membelinya ??
    thanks

  4. thanks buat blog yang informatif ini jadi tahu tentang sejarah cina

  5. mr big says:

    kalo pakain untuk pria namanya apa ya

  6. wow, minta izin tuk share ke sahabat aku ke fb ya frend.

  7. kalo gak salah tuk cowok namanya “chi phao” bro mr big :)

  8. Sulis says:

    Kalo ga salah nh, yang buat cowo, namanya chang san.

  9. Veli says:

    saya lagi mencari history pemakaian cheongsam di indonesia dan budaya cheongsam di indonesia, apa bisa ngasih data? thx

  10. M says:

    Itu nm utk pakaian cewek bukan utk male lah,,,he!

  11. Jenna says:

    trimas! banyak yg saya dpt bila saya baca. makasih ya. saya memang lagi mencari maklumat tentang cheongsam. kebetulan, teman saya minta maklumatnya untuk proyeknya. apa2 pun, makasih banget!

  12. zenith says:

    Aq juga suka banget baju ini , pengen mau bawa pulang ke indo

  13. Akhmad Yusuf says:

    siippp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>