Ular Dengan Dua Mulut

Oleh: Han Fei Zi

Terdapat seekor ular yang sangat besar dan memiliki dua buah mulut yang saling menggigit, bertarung demi makanan.

Pertarungan itu berakhir dengan kematian sang ular.

Apakah makna dari cerita ini?

10 thoughts on “Ular Dengan Dua Mulut

  1. Kalau menurut pemikiran saya, maksud dari cerita di atas yaitu, terkadang manusia itu selalu bersaing baik dengan sahabat, keluarga, bahkan dengan diri sendiri karena manusia mempunyai rasa serakah dan selalu ingin menang sendiri dengan melakukan berbagai cara, demi hal-hal yang ingin mereka miliki, dan akhirnya malah membuat banyak manusia jatuh, kecewa, bahkan tidak mendapatkan apa-apa, akhirnya mereka kehilangan “sesuatu” yang berharga bagi kehidupan mereka sendiri.

  2. itu sama seperti dlm satu kapal ngak bole ada 2 nahkoda, sifat dasar manusia adalah ingin memiliki segalanya dan tak pernah puas akan segalanya, dan akhirnya membawa kenistaan

  3. maknanya seharusnya ular itu tak perlu saling berebut, toh siapapun yang makan, perutnya dan badannya kan cuman satu. Tak penting masuk dari mulut siapa, yang penting dua-duanya kenyang sama2.

  4. menurut saya dalam diri kita memang diliputi oleh rasa memiliki,menguasai atau bisa dikatakan serakah.
    sifat seperti itu adalah sifat buruk.
    jadi ,,klo ga mau punya sifat buruk hindarilah sifat2yang dapat merusak,menodai hati kita.

  5. Tubuh manusia dalam dirinya hanya dapat menerima dua hal yaitu perbutan baik dan perbuatan jahat,biar dia berbuat baik sebesar apapun tetap tubuh manusia harus mati,begitupun sebaliknya,hanya nanti sang pencipta yang akan menghitungnya, min atau ples,min ke neraka dan ples surga…….Silahkan Pilih.

  6. ke 2 mulut ular yg sma2 punya indra perasa ingin menikmatinya.sama seperti kbanyakan manusia yg slalu ingin menikmati hasrat dunia dan lupa segalanya hingga berakhir dgn penderitaan.

  7. Mungkin ular itu ibaratnya sebuah pemerintahan. Jika di dalamnya ada dua kubu yang saling bertentangan, saling menjatuhkan demi ambisi pribadi, maka pemerintahan itu akan hancur dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *