Lu Su (鲁肃)

Nama Lengkap: Lu Zijing
Lahir: A.D. 172
Meninggal: A.D. 217

Dipilih oleh Zhou Yu sebagai penerus untuk menduduki posisi Panglima Tertinggi pada Kerajaan Wu. Lu Su (鲁肃) memiliki sifat yang lebih tabah dan tenang daripada Zhou Yu. Lu Su pernah memberikan nasehat kepada Zhou Yu agar lebih memperhatikan masalah mempertahankan Kerajaan Wu dari serangan Cao Cao daripada memikirkan bagaimana melenyapkan Zhuge Liang.

Dibandingkan dengan Zhou Yu, Lu Su lebih menyukai penyelesaian dengan jalan damai. Meskipun dia adalah Panglima Tertinggi, Lu Su sering meninjau daerah Kerajaan Wu secara pribadi. Zhuge Liang mengambil kesempatan dari cara Lu Su menyelesaikan masalah dan berhasil menguasai Jingzhou dalam waktu yang lebih lama. Namun lama kelamaan, kesabaran Sun Quan habis dan memerintahkan Lu Su untuk menyerang Jingzhou karena jalan damai tidak dirasakan memberikan hasil.

Lu Su mencoba langkah terakhir dalam diplomasi dengan mengundang jenderal yang berwenang di Jingzhou, Guan Yu. Rencananya adalah agar pada saat Guan Yu datang ke sisi Sungai Yangtze, yang merupakan bagian dari Kerajaan Wu, Guan Yu akan melihat kegagahan dan kekuatan dari pasukan Kerajaan Wu sehingga membuat Guan Yu gentar, atau memaksa Guan Yu menyerahkan Jingzhou. Meskipun Guan Yu datang sendirian, Guan Yu berhasil melarikan diri dengan berpura-pura mabuk dan menyeret Lu Su sebagai pembuka jalan menuju perahu. Takut Guan Yu akan melukai Panglima mereka, tentara dan para jenderal Wu tidak berani bertindak apa-apa.

Lu Su meninggal tidak lama setelah Kerajaan Wu berhasil menguasai Jingzhou dengan serangan tiba-tiba yang ditujukan kepada Guan Yu ketika Guan Yu sedang berperang melawan Cao Cao.

7 thoughts on “Lu Su (鲁肃)

  1. Ada tambahan lagi. Kalau Lu Su juga yang memperkenalkan Zhuge Liang kepada Sun Quan, di mana pada saat itu Cao Cao mengirimkan surat agar Sun Quan bekerjasama dengan Cao Cao atau mereka akan diserang. Ketika itu ke-10 orang penasihat Sun Quan sudah menyarankan Sun Quan agar menyerah kepada Cao Cao. Tetapi Lu Su mengatakan kepada Sun Quan bahwa dia telah membawa Zhuge Liang dan meminta Sun Quan untuk mendengarkan nasihat Zhuge Liang. Di sana juga Zhuge Liang berdebat melawan ke-10 penasihat Sun Quan

  2. nama-namanya sudah diingat.
    tapi artikelnya menarik sekali.
    sangat bermanfaat kalau mau benar-benar mengenal sejarah negeri tionghoa.

  3. Pingback: Tionghoa » Lu Xun

  4. Tambahan, Lu Su jg merekomendasikan Pang Tong kepada Sun Quan. Namun Sun Quan menolaknya karena wajah Pang Tong yg buruk, berbanding terbalik dengan keahliannya.

    Akhirnya “Sang Phoenix Terbang” ini bergabung dengan Liu Bei.

  5. Lu Su:Panglima tertinggi yang sabar dan pasrah.Dia juga ta berkutik saat menghadapi Guan Yu.Cocoknya jadi penasihat nih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *