Lima Permaisuri Kaisar Xuan dari Dinasti Zhou Utara

Spread the love

Permaisuri Kaisar Xuan dari Dinasti Zhou UtaraKaisar Xuan dari Dinasti Zhou Utara (北周宣帝) memiliki nama asli Yuwen Yun (宇文贇) dengan nama kehormatan Qianbo (乾伯). Dia adalah kaisar dari Dinasti Zhou Utara, sebuah dinasti di Tiongkok yang dipimpin oleh suku Xianbei.

Kaisar Xuan terkenal dalam sejarah sebagai penguasa yang tidak menentu dan boros, dimana tindakan-tindakannya sangat melemahkan Zhou Utara. Salah satu perilaku yang tidak menentu dari Kaisar Xuan adalah ketika ia memberikan takhta kepada putranya Kaisar Jing (靜帝) pada tahun 579, kurang dari setahun setelah naik takhta. Kaisar Xuan menyerahkan takhta agar lebih dapat menikmati hidup dengan bersenang-senang. Sebagai pensiunan kaisar, Kaisar Xuan bergelar Kaisar Tianyuan (天元皇帝, Tianyuan Huangdi).

Kaisar Xuan menyebut dirinya sendiri sebagai “Kaisar Langit Pertama” dan karena dinyatakan dalam teks kuno bahwa “Pasangan Harus Berbudi Luhur & Dunia Tercipta Dari Lima Unsur”, Kaisar Xuan menganggap bahwa lima adalah angka keberuntungan dan memutuskan untuk memiliki lima permaisuri.

  1. Yang Lihua (楊麗華), Tianyuan Da Huanghou (天元大皇后)
  2. Zhu Manyue (朱滿月), Tianyuan Di Hou (天元帝后)
  3. Chen Yueyi (陳月儀), Tianzhong Da Huanghou (天中大皇后)
  4. Yuchi Chifan (尉遲熾繁), Tianzuo Da Huanghou (天左大皇后)
  5. Yuan Leshang (元樂尚), Tianyou Huanghou (天右皇后)

Yang Lihua (楊麗華)

Yang Lihua (楊麗華) adalah putri Yang Jian (楊堅), pendiri Dinasti Sui. Ketika Yuwen Yun (宇文贇) masih seorang pangeran, Yuwen Yun (宇文贇) menikah dengan Yang Lihua dan Yang Lihua menjadi seorang putri. Setelah Yuwen Yun (宇文贇) naik takhta sebagai Kaisar Xuan (宣帝), Yang Lihua menjadi permaisuri.

Kaisar Xuan adalah seorang yang tidak memiliki pendirian dan sering bertengkar dengan Yang Lihua. Sifat Yang Lihua sendiri sangat dipengaruhi oleh ibunya, Dugu Jialuo (獨孤伽羅). Yang Lihua (楊麗華) adalah seorang wanita yang keras kepala dan memiliki pendirian kuat, yang mana sering membuat kesal Kaisar Xuan.

Yang Lihua bergelar Tianyuan Da Huanghou (天元大皇后).

Setelah kematian Kaisar Xuan, dengan bantuan Yang Lihua, Yang Jian menjadi Wali Negara, dan Yang Lihua menjadi janda permaisuri. Yang Lihua sangat puas dengan semua ini, tetapi segera dia menemukan bahwa ayahnya, Yang Jian, tidak mau hanya sekedar menjadi Wali Negara. Dia tidak puas dengan ini dan berulang kali menyalahkan ayahnya.

Pada saat Yang Jian merebut takhta dan mendirikan Dinasti Sui sebagai Kaisar Wen dari Dinasti Sui (隋文帝), Yang Lihua berubah dari janda permaisuri menjadi putri. Yang Jian membujuk Yang Lihua untuk menikah lagi, tetapi Yang Lihua tidak menyetujui. Yang Lihua menganggap dirinya anggota keluarga Yuwen, jadi dia selalu enggan untuk menikah lagi. Yang Lihua tinggal bersama putrinya Yuwen Eying (宇文娥英).

Pada tahun 609 M, Yang Lihua meninggal pada usia 49 tahun saat melakukan tur dengan adiknya Yang Guang (楊廣).

Zhu Manyue (朱滿月)

Zhu Manyue adalah orang yang sangat malang. Dikarenakan kejahatan yang dilakukan oleh keluarganya, Zhu Manyue dihukum dan menjadi budak di istana. Karena Zhu Manyue cantik, dia disukai oleh Yuwen Yun (宇文贇) dan kemudian melahirkan seorang putra, Yuwen Yan (宇文衍), yang kemudian menjadi Yuwen Chan (宇文闡).

Setelah Kaisar Xuan memberikan takhta kepada putranya, Yuwen Yan, posisinya menjadi lebih menonjol, kedua setelah Yang Lihua. Karena Zhu Manyue (朱滿月) adalah ibu dari Kaisar Jing, Yuwen Yan (宇文衍), dia mendapat gelar Tianyuan Di Hou (天元帝后), sedikit lebih rendah dibanding gelar Yang Lihua, Tianyuan Da Huanghou (天元大皇后).

Tetapi setelah Yang Jian merebut takhta, Zhu Manyue jatuh ke dalam kemalangan lagi. Yang Jian membunuh putranya, Yuwen Yan, dan Zhu Manyue dipaksa menjadi biarawati oleh Yang Jian.

Zhu Manyue tinggal di kuil selama lebih dari sepuluh tahun dan meninggal pada usia 40 tahun pada 586 M.

Chen Yueyi (陳月儀)

Chen Yueyi adalah putri kedelapan dari Jenderal Chen Shanti (陳山提). Chen Shanti awalnya adalah pelayan Jenderal Erzhu Zhao (爾朱兆) dari Wei Utara, dan setelah Erzhu dikalahkan oleh Gao Huan (Simplified: 高欢; Traditional: 高歡), Chen Shanti menjadi pelayan Gao. Ia menjabat sebagai jenderal di beberapa administrasi Qi Utara, yang didirikan oleh putra Gao Huan, Gao Yang (高洋), yang menjadi Kaisar Wenxuan dari Qi Utara (北齊文宣帝). Chen Shanti kemudian mencapai gelar Pangeran Xieyang. Setelah Kaisar Wu dari Zhou Utara (北周武帝) menghancurkan Qi Utara pada tahun 577, Chen Shanti menjadi jenderal Zhou Utara dan menyandang gelar Adipati Xiyang.

Pada tahun 579, Chen Yueyi dipilih menjadi permaisuri Kaisar Xuan, dengan gelar Defei (德妃). Chen Yueyi (陳月儀) memiliki pengetahuan luas tentang buku, rasionalitas dan kepribadian yang lembut dan berbudi luhur. Sebulan kemudian, Kaisar Xuan menyerahkan takhta kepada putranya, Yuwen Yan (宇文衍), dan sebagai pensiunan kaisar mengambil gelar Kaisar Tianyuan (天元皇帝, Tianyuan Huangdi).

Chen Yueyi kemudian menjadi permaisuri dengan gelar Tianzhong Da Huanghou (天中大皇后).

Setelah kehancuran Dinasti Zhou Utara, nasib Chen Yueyi juga mengalami perubahan besar. Yang Jian memaksanya menjadi biarawati. Bagi seorang mantan permaisuri, hal ini bisa juga dianggap sebagai hal yang relatif beruntung. Bagaimanapun, Chen Yueyi (陳月儀) tidak dibunuh dan mampu menyelamatkan hidupnya. Chen Yueyi (陳月儀) panjang umur hingga berusia 85 tahun dan meninggal pada masa pemerintahan Kaisar Taizong dari Dinasti Tang (唐太宗).

Yuchi Chifan (尉遲熾繁)

Kakek Yuchi Chifan, Yuchi Jiong (尉遲迥), bergelar Adipati Shu adalah seorang jenderal terkenal dari Zhou Utara dan keponakan dari Yuwen Tai (宇文泰), kakek Kaisar Xuan, menjadikannya sepupu Kaisar Xuan. Yuchi Chifan (尉遲熾繁) pada awalnya menikah dengan Yuwen Wen (宇文溫), anak sepupu Kaisar Xuan, Yuwen Liang (宇文亮). Yuchi Chifan (尉遲熾繁) dikatakan sangat cantik.

Suatu saat di atau sebelum tahun 580, pada suatu kesempatan ketika istri-istri para anggota keluarga kekaisaran, sesuai dengan kebiasaan pada saat itu, harus berada di istana untuk menyambut Kaisar Xuan, Kaisar Xuan begitu tergila-gila dengan kecantikannya sehingga dia memaksanya untuk minum, dan kemudian memperkosanya setelah dia mabuk.

Setelah mengetahui hal ini, suami Yuchi Chifan, Yuwen Wen dan ayahnya Yuwen Liang sangat ketakutan, sehingga mereka diam-diam bersekongkol untuk menggulingkan Kaisar Xuan. Namun persekongkolan tersebut terungkap, sehingga mengakibatkan Yuwen Wen dan ayahnya Yuwen Liang dieksekusi oleh Kaisar Xuan. Setelah kematian suaminya, Yuchi Chifan dipanggil ke istana dan Kaisar Xuan menjadikannya selir kekaisaran dengan gelar Zhangguifei (長貴妃). Kaisar Xuan kemudian mengangkatnya lebih jauh menjadi permaisuri dengan gelar Tianzuo Da Huanghou (天左大皇后).

Setelah Kaisar Xuan meninggal, Yuxhi Chifan dipaksa menjadi seorang biarawati.

Yuan Leshang (元樂尚)

Yuan Leshang (元樂尚) adalah putri dari Yuan Sheng (元晟), seorang pejabat Zhou Utara dan keturunan klan Yuan dari Wei Utara.

Yuan Leshang (元樂尚) terpilih ke istana bersama dengan Chen Yueyi. Selain itu, keduanya berusia hampir sama saat itu, sehingga mereka memiliki hubungan yang sangat baik. Karena kecantikannya, Yuan Leshang juga sangat populer di mata Kaisar Xuan. Ketika Yuan Leshang (元樂尚) pertama kali memasuki istana, dia menjadi Guifei (貴妃), dan kemudian sebagai permaisuri dengan gelar Tianyou Huanghou (天右皇后).

Pada saat Yang Jian mendirikan Dinasti Sui, Yuan Leshang (元樂尚) dipaksa menjadi biarawati. Yuan Leshang (元樂尚) berumur panjang dan masih hidup hingga masa pemerintahan Kaisar Taizong dari Dinasti Tang (唐太宗).


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 3 =