Li Daoyuan (郦道元)

Li Daoyuan (郦道元) adalah seorang ahli geografi terkemuka pada masa Dinasti Wei Utara.

Sejak kecil Li Daoyuan telah menetapkan hatinya pada penelitian geologi.

Li Daoyuan mencintai berpergian ke sungai serta gunung, dan terutama untuk melakukan penelitian tentang hidrologi dan geologi dari berbagai tempat.

Sebagai pejabat yang memiliki tempat tugas berpindah-pindah, Li Daoyuan sering melakukan penelitian lapangan, sehingga jejaknya dapat ditemukan pada banyak tempat, seperti Propinsi Henan (Tiongkok Tengah), Shandong (Tiongkok Timur), Shanxi (Tiongkok Utara), dan Jiangsu (Tiongkok Timur), pada saat ini.

Setiap kali Li Daoyuan pergi ke suatu tempat, Li Daoyuan akan mengunjungi tempat-tempat lokal yang menarik, sungai serta pegunungan, dan melakukan pengamatan menyeluruh terhadap aliran air dan topografi. Li Daoyuan juga akan mengunjungi para Tetua untuk mendapatkan pengetahuan mengenai perubahan dan sumber sungai. Melalui penyelidikan langsung tentang geografi, sejarah dan adat istiadat, Li Daoyuan mendapat sejumlah besar bahan langsung.

Membandingkan kondisi terkini dan catatan-catatan geografi sebelumnya, Li Daoyuan menemukan bahwa kondisi geografi telah berubah dari waktu ke waktu, sehingga jika perubahan-perubahan tersebut tidak dicatat maka akan menjadi kesulitan bagi generasi berikutnya untuk mengetahui perubahan-perubahan yang ada.

Li Daoyuan kemudian memutuskan untuk menulis “Uraian Tentang Kitab Jalan Air (水经注)“.

Buku tersebut tidak hanya menjelaskan asal usul, jalur, perubahan dan proyek irigasi Sungai Kuning, Sungai Yangtze dan sungai-sungai lainnya, buku itu juga memuat catatan terperinci tentang lanskap, kota besar dan kota kecil, produk dan kebiasaan dari penduduk di lembah-lembah sungai tersebut.

Oleh karena itu buku “Uraian Tentang Kitab Jalan Air (水经注)” adalah sumber yang sangat berharga bagi studi geografi Tiongkok pada waktu itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *