Kong Dan (孔丹) : Penemu Kertas Xuan (宣纸)

Spread the love

Pembuatan Kertas Xuan - 500x225

Pembuatan kertas adalah salah satu penemuan besar dalam peradaban Tiongkok Kuno. Di antara berbagai jenis kertas, Kertas Xuan, juga dikenal sebagai Kertas Beras, memegang tempat penting karena dokumen dan karya seni kuno yang besar mungkin tidak akan bertahan sampai hari ini jika bukan karena kertas ini.

Kertas Xuan (Simplified: 宣纸, Traditional: 宣紙, Pinyin: Xuān Zhǐ) adalah jenis kertas yang sangat terkenal, tahan lama dan tahan jamur. Ditemukan oleh Kong Dan (Hanzi: 孔丹, Pinyin: Kǒng Dān), murid Cai Lun (Simplified: 蔡伦, Traditional: 蔡倫, Pinyin: Cài Lún).

Setelah kematian Cai Lun, Kong Dan menggantung lukisan guru kesayangannya. Lukisan itu dibuatnya di atas kertas untuk menghormati sang guru. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kertas lukisan menjadi kuning dan menghitam, bahkan sobek dibeberapa tempat.

Oleh karena itu Kong Dan bertekad untuk membuat kertas yang lebih baik.

Kong Dan kemudian melakukan perjalanan dan penelitian di berbagai tempat pembuatan kertas di seluruh negeri. Setelah berkelana selama lebih dari 10 tahun, Kong Dan masih belum dapat membuat kertas yang lebih baik.

Suatu ketika Kong Dan tiba di Xuancheng, Jiangnan, dan menemukan serat kayu dari pohon tumbang yang putih, lembut seperti kain dan kuat seperti karet.

Setelah bertanya kepada penduduk setempat, ternyata batang Pohon Qing Tan (Hanzi: 青檀, Pinyin: Qīng Tán). Karena telah terendam dan terkikis air cukup lama, kulit kayu terkelupas, dan menyisakan serat kayu yang putih dan bertekstur lembut.

Kong Dan kemudian menetap di tepi sungai dan bekerja keras membuat kertas. Setelah banyak percobaan, Kong Dan akhirnya berhasil membuat kertas berkualitas tinggi.

Kong Dan melukis ulang gambar gurunya di kertas yang baru dibuatnya.

Karena kertas temuannya dibuat di Xuancheng maka kertas tersebut dinamakan Kertas Xuan.

Kertas Xuan memiliki kekuatan tarik yang luar biasa, permukaan yang halus, tekstur yang bersih serta alur serat yang rapih, dan memiliki ketahanan yang besar terhadap lipatan, korosi, ngengat dan jamur. Sebagian besar buku dan lukisan Tiongkok kuno oleh pelukis terkenal yang bertahan hingga saat ini terawetkan dengan baik berkat Kertas Xuan.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − nine =