Guandu

Salah satu pertempuran terkenal dalam masa Tiga Negara yang dapat sebagai contoh bahwa tidak selalu tentara yang berjumlah lebih besar selalu menang. Dengan 70.000 tentara, Cao Cao berhasil memenangkan pertempuran atas sebuah kekuatan besar yang kelihatannya tidak mungkin dikalahkan, 700.000 tentara.

Disamping jumlah pasukan yang jauh lebih kecil, Cao Cao juga mengalami kesulitan perbekalan. Dua kendala ini hampir membuat Cao Cao mundur dari medan perang. Beruntung dia mengikuti nasehat Xun Yu.

Xun Yu memberikan nasehat agar tetap bertahan dan menunggu kesempatan untuk mengalahkan Yuan Shao. Akhirnya kesempatan itu datang pada saat Xu You berhasil melarikan diri dari markas Yuan Shao dan pindah ke Cao Cao.

Informasi yang dibawa oleh Xu You sangat berharga bagi kemenangan Cao Cao. Serangan terhadap persediaan bahan makanan Yuan Shao yang berada di Wuchao menjadi titik balik bagi Cao Cao. Kehilangan Wuchao dan kegagalan mengalahkan Cao Cao membuat semangat tentara Yuan Shao jatuh.

Tidak melewatkan kesempatan emas didepan mata, serangan penuh dilancarkan terhadap tentara Yuan Shao yang memberikan hasil kegemilangan bagi Cao Cao.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *