Dewa Kekayaan Cai Shen Menceraikan Istri

Spread the love

Dewa Kekayaan Cai Shen Ye (财神爷)

Dewa Kekayaan Cai Shen Ye (财神爷)

Cai Shen (Zhao Gong Ming) terkadang terlihat ditemani patung istrinya pada altar di kuil-kuil pemujaan, tetapi secara umum kita tidak melihat adanya patung istrinya. Kenapa demikian?

Ada cerita mengenai hal ini yang berdasarkan legenda dan mitos, sekali lagi ini hanya legenda dan mitos. Ingat bahwa legenda dan mitos sering kali dibuat agar lebih meriah sehingga masyarakat pada jamannya lebih bisa menerima dan mendapatkan pesan yang sebenarnya.

Kisah dimulai dari seorang pengemis yang datang ke kuil hanya untuk memohon rezeki di altar Dewa Cai Shen dan tidak mempedulikan Dewa-Dewi yang lain. Cai Shen mengetahui kenyataan bahwa pengemis tersebut tidak mau bekerja, dan terus menerus hanya mengharapkan uluran tangan dari orang-orang yang menaruh belas kasihan kepadanya. Cai Shen berpikir, jika semua orang diberi rezeki begitu saja, dunia akan dipenuhi orang-orang pemalas yang tidak mau bekerja. Sedangkan dalam pikiran si pengemis, ia beranggapan bahwa Cai Shen adalah Dewa Rezeki yang mana pastilah banyak kekayaannya.

Sedangkan Istri Cai Shen tergerak hatinya, ia berusaha menyadarkan suaminya agar mau berbaik hati membantu si pengemis. Tetapi Cai Shen tetap tidak mau mempedulikan dan bahkan mengalihkan pandangannya. Karena tidak memiliki kekuasaan memberi rezeki, istri Cai Shen mengambil anting emasnya kemudian melemparkannya kepada si pengemis. Si pengemis mengira bahwa Cai Shen yang memberinya rezeki dan mengucapkan terima kasih.

Cai Shen sendiri langsung menoleh saat mendengar ada benda yang terjatuh, dan terkejut bahwa benda itu adalah anting yang ia gunakan untuk melamar istrinya. Anting tersebut dilemparkan begitu saja kepada si pengemis yang malas.

Yang mana ternyata anting tersebut dijual untuk berfoya-foya, bukan sebagai modal usaha. Setelah uang penjualan anting habis, si pengemis kembali ke kuil untuk memohon kepadanya. Cai Shen pun mengusir istrinya dari altar dan sejak itu tidak ada lagi orang malas yang memohon kepadanya menjadi kaya raya.

Terdapat sebuah syair di Shandong dan Beijing yang berbunyi sebagai berikut:
UangKu hanya ada beberapa sen, kamu minta, dia minta. Pagi malam memohon, membuatKu menjadi sulit.
UangKu hanya ada beberapa sen, kamu minta, semua meminta. Aku hanya memberi kepada yang rajin dan berbudi luhur.

Makna yang ingin disampaikan dari kisah ini adalah untuk bisa sukses kita memohon kepada Dewa Kekayaan Cai Shen, namun juga harus disertai dengan kerja keras, bukan hanya malas-malasan. Kisah tentang Cai Shen menceraikan istri adalah bumbu penyedap agar pesan dari kisah ini mudah disampaikan kepada masyarakat.


Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.