Asal Usul Marga Yuan (袁)

Asal Usul Marga Yuan (袁)

Nama marga: Yuan
Pinyin: Yuán
Hanzi (Simplified): 袁
Hanzi (Traditional): 袁
Penulisan lain:
– Yuen
– Yun (Kanton)

Gui Shang (妫商) adalah keturunan Kaisar Shun (舜) yang ditunjuk oleh Kaisar Yu (禹) sebagai penguasa sebuah daerah yang bernama Yu (虞) pada masa Tiongkok kuno. Dinasti Xia adalah dinasti pertama di Tiongkok, yang kemudian digantikan oleh Dinasti Shang. Dikarenakan penguasa terakhir Dinasti Shang, Zhou Wang (纣王), sangat kejam dan jahat, maka Zhou Wu Wang (周武王) mengangkat senjata menggulingkan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou. Pada masa itu teknologi komunikasi masih terbatas sehingga mengatur negara yang sangat luas adalah sebuah permasalahan besar. Oleh karena itu Zhou Wu Wang (周武王) membutuhkan orang-orang berkemampuan untuk membantunya mengelola negara, sehingga Zhou Wu Wang (周武王) mengangkat keluarga, pejabat, bangsawan, dan jenderal untuk memerintah atas namanya.

Gui Efu (妫阏父) adalah keturunan Gui Shang (妫商) dan telah banyak membantu Zhou Wu Wang (周武王) dalam menggulingkan Dinasti Shang. Zhou Wu Wang (周武王) memberikan penghargaan dengan mengangkat Gui Efu (妫阏父) sebagai Tao Zheng (陶正), pejabat yang bertanggung jawab atas persenjataan.

Putra sulung Gui Efu (妫阏父) yang bernama Gui Man (妫满) menikah dengan putri Zhou Wu Wang (周武王) yang bernama Da Ji (大姬). Hu Gong (胡公) adalah nama yang diberikan Zhou Wu Wang (周武王) bagi menantunya, sehingga Gui Man (妫满) kemudian dikenal sebagai Hu Gong Man (胡公满). Zhou Wu Wang (周武王) juga memberikan gelar Hou (侯) dan kekuasaan untuk memerintah sebuah daerah yang bernama Chen (陈) kepada Hu Gong Man (胡公满).

Hu Gong Man (胡公满) memiliki seorang keturunan bernama Zhu (诸) yang mempunyai nama kehormatan Boyuan (伯爰). Keturunan Zhu (诸) yang bernama Tao Tu (涛涂) mengambil nama kehormatan leluhurnya, Yuan (爰), sebagai nama marga. Yuan (爰) dan Yuan (袁) memiliki pengucapan yang sama.

Catatan lain mengatakan bahwa nama marga Yuan (袁) berasal dari Xuan Yuan (轩辕 / 玄袁), nama pribadi dari Kaisar Kuning, Huang Di (黄帝). Setelah kematiannya, daerah kekuasaan Huang Di (黄帝) dinamakan Yuan Yi (袁邑), dan keturunannya mempergunakan nama daerah tersebut sebagai nama marga.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Yuan (袁) adalah:

  • Yuan Hong (袁宏), sarjana, sejarawan, dan negarawan pada masa Dinasti Jin Timur.
  • Yuan Shansong (袁山松), pejabat dan penyair pada masa Dinasti Jin.
  • Yuan Cai (袁采), pejabat, sarjana, dan penulis pada masa Dinasti Song.
  • Yuan Chonghuan (袁崇焕), jenderal terkenal pada masa Dinasti Ming.
  • Yuan Mei (袁枚), penyair dan sastrawan pada masa Dinasti Qing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *