Asal Usul Marga Pan (潘)

Asal Usul Marga Pan (潘)

Nama marga: Pan
Pinyin: Pān
Hanzi (Simplified): 潘
Hanzi (Traditional): 潘
Penulisan lain:
– Phoa (Min Nan)
– Phoan (Min Nan)
– Phua (Hokkian)
– Phuan (Min Nan)
– Phun (Min Nan)
– Poon (Kanton)
– Pun (Kanton)

Zhou Wu Wang (周武王) adalah penguasa pertama Dinasti Zhou. Zhou Wu Wang (周武王) memberikan otoritas kepada adik laki-lakinya yang bernama Ji Gao (姬高) untuk memerintah daerah bernama Bi (毕). Zhou Wu Wang (周武王) juga memberikan gelar Adipati, Gong (公). Sehingga Ji Gao (姬高) dikenal sebagai Bi Gong Gao (毕公高).

Bi Gong Gao (毕公高) mempunyai banyak anak, dan anak ketiganya bernama Ji Sun (季孙). Ji Sun (季孙) sangat cakap, namun Ji Sun (季孙) sadar bahwa dia tidak mungkin menjadi penguasa berikutnya dari Bi (毕) karena dia adalah anak ketiga dan sang ayah telah menunjuk anak pertama sebagai penerus.

Untuk menghindari terjadinya konflik pada saat suksesi kepemimpinan Bi (毕), maka Ji Sun (季孙) meminta kepada sang ayah agar menugaskan dia ke daerah lain, selain ibukota dari Bi (毕). Memenuhi permintaan Ji Sun (季孙), Bi Gong Gao (毕公高) menunjuk Ji Sun (季孙) sebagai penguasa daerah Pan (潘). Beberapa generasi kemudian, keturunan Ji Sun (季孙) mengadopsi Pan (潘) sebagai nama marga mereka.

Sumber lain adalah berasal dari nama marga Mi (芈), keluarga kerajaan dari Negara Chu (楚), pada masa Musim Semi dan Musim Gugur. Terdapat seorang keturunan Mi (芈) yang bernama Pan Chong. Pan Chong adalah hakim di Negara Chu (楚).

Pangeran Shangchen (商臣) adalah anak laki-laki Chu Cheng Wang (楚成王) dan putra mahkota dari Negara Chu (楚). Ketika Chu Cheng Wang (楚成王) berencana untuk menunjuk anak yang lebih muda, Pangeran Zhi, sebagai pewaris takhta, Pan Chong membantu Pangeran Shangchen (商臣). Pangeran Shangchen (商臣) mengepung istana dan memaksa Chu Cheng Wang (楚成王) gantung diri. Pangeran Shangchen (商臣) kemudian menjadi penguasa Negara Chu (楚) dengan gelar Chu Mu Wang (楚穆王).

Karena jasa-jasanya maka Chu Mu Wang (楚穆王) memberikan Pan Chong gelar sebagai “Guru Raja” dan juga kekayaan yang sangat besar. Sehingga Keluarga Pan menjadi keluarga dengan status sosial yang sangat tinggi di Negara Chu (楚).

Pada masa Dinasti Wei Utara, Kaisar Xiao Wen (孝文) mengubah nama marga etnis minoritas Xianbei menjadi nama marga Han, salah satunya adalah Poduoluo (破多罗) menjadi Pan (潘).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Pan (潘) adalah:

  • Pan Zhang (潘璋), jenderal yang mengabdi kepada Sun Quan (孙权) pada masa akhir Dinasti Han Timur.
  • Pan Yue (潘岳), penulis pada masa Dinasti Jin Barat.
  • Pan Mei (潘美), jenderal pada masa Dinasti Song.
  • Pan Ji Xun (潘季训), pejabat pada masa Dinasi Ming yang dikenal sebagai ahli irigasi.
  • Pan Dihua (潘迪华), artis dan penyanyi kelahiran Shanghai 29 Desember 1931, yang dikenal juga sebagai Rebecca Pan Dihua, Poon Tik Wah & Pan Wan Ching.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *