Asal Usul Marga Luo (骆)

Asal Usul Marga Luo (骆)

Nama marga: Luo
Pinyin: Luò
Hanzi (Simplified): 骆
Hanzi (Traditional): 駱
Penulisan lain:
– Lok (Kanton)

Catatan asal usul marga Luo (骆) bisa ditarik dari kaisar legendaris Shen Nong (神农) pada masa Tiongkok Kuno. Karena sudah sangat tua maka tidak ada catatan pasti pada tahun berapa Shen Nong (神农) hidup, tetapi sejarawan memperkiraan ribuan tahun yang lalu, jauh sebelum dinasti pertama di Tiongkok. Shen Nong (神农) mengajari masyarakat bercocok tanam, memelihara ternak dan menggunakan obat-obat herbal.

Banyak generasi setelah Shen Nong (神农), ada seorang bijaksana, yaitu Jiang Ziya (姜子牙) yang membantu Ji Fa (姬发) mendirikan Dinasti Zhou. Nama lahir Jiang Ziya (姜子牙) adalah Lu Shang (吕尚) dan dikenal juga sebagai Jiang Shang (姜尚). Jiang Ziya (姜子牙) adalah keturunan Shen Nong (神农).

Karena berjasa besar, maka Ji Fa (姬发) memberikan anugerah kepada Jiang Ziya (姜子牙) sebagai penguasa daerah Ying Qiu (营丘), yang kemudian menjadi negara Qi (齐). Jiang Ziya (姜子牙) adalah penguasa pertama negara Qi (齐) dan dikenal juga sebagai Qi Tai Gong (齐太公).

Salah seorang keturunan Jiang Ziya bernama Jiang Luo (姜骆). Keturunan Jiang Luo (姜骆) mempergunakan Luo (骆) sebagai nama marga mereka.

Tokoh terkenal bermarga Luo (骆) adalah:

  • Luo Binwang (骆宾王), penyair pada masa Dinasti Tang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *