Asal Usul Marga Lu (路)

Asal Usul Marga Lu (路)

Nama marga: Lu
Pinyin: Lù
Hanzi (Simplified): 路
Hanzi (Traditional): 路
Penulisan lain:
– Lo (Kanton)
– Lou (Kanton)

Menurut catatan, nama marga Lu (路) berasal dari etnis utara Tiongkok di Lu Shi (路氏), yang juga disebut Lu (路). Nama Lu (路) mengambil dari nama Sungai Lu (路). Pada masa Musim Semi dan Musim Gugur, Lu (路) dikuasai oleh Adipati Jing dari Jin, Jin Jing Gong (晋景公). Jin Jing Gong (晋景公) adalah penguasa Negara Jin (晋), sebuah kekuatan besar pada masa Musim Semi dan Musim Gugur. Rakyat Lu (路) kemudian mengadopsi Lu (路) sebagai nama marga mereka.

Catatan lain adalah berasal dari masa Dinasti Zhou Barat, terdapat seorang pejabat pemerintah bagian pengelolaan jalan dan transportasi, yang disebut juga Lu Zheng (路正). Beberapa keturunan dari pejabat tersebut kemudian mengadopsi Lu (路) sebagai nama marga.

Catatan ketiga adalah berasal dari legenda yang menyebutkan asal usul marga Lu (路) adalah dari Xuan Yuan (玄元). Xuan Yuan (玄元) adalah anak dari Kaisar Zhi (挚), yang memerintah dari sekitar tahun 2366 SM hingga 2358 SM. Kaisar Zhi (挚) adalah anak dari Kaisar Ku (喾), yang juga dikenal sebagai Di Ku (帝喾) dan Gao Xin Shi (高辛氏). Kaisar Zhi (挚) digantikan oleh Kaisar Yao (尧). Pada masa pemerintahan Kaisar Yao (尧), Xuan Yuan (玄元) mendapat anugerah sebagai Marquis dari Lu Zhong (路中侯). Keturunan Xuan Yuan (玄元) mengadopsi Lu (路) sebagai nama marga mereka.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Lu (路) adalah:

  • Lu Bode (路博德), jenderal pada masa Dinasti Han Barat.
  • Lu Huinan (路惠男), nama resminya adalah Ibusuri Zhao, dari masa Dinasti Song Awal.
  • Lu Yan (路岩), pejabat tinggi pada masa Dinasti Tang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *