Asal Usul Marga Lu (禄)

Asal Usul Marga Lu (禄)

Nama marga: Lu
Pinyin: Lù
Hanzi (Simplified): 禄
Hanzi (Traditional): 祿
Penulisan lain:
– Lo (Kanton)
– Lou (Kanton)
– Luk (Kanton)

Menurut catatan, asal usul marga Lu (禄) adalah dari Wu Geng (武庚). Wu Geng (武庚) adalah anak Zhou Wang (纣王), penguasa terakhir Dinasti Shang. Zhou Wu Wang (周武王) menggulingkan Dinasti Shang dan mendirikan Dinasti Zhou.

Setelah Zhou Wu Wang (周武王) wafat, Zhou Cheng Wang (周成王) naik takhta. Zhou Cheng Wang (周成王) adalah anak Zhou Wu Wang (周武王). Saat naik takhta Zhou Cheng Wang (周成王) masih terlalu muda sehingga adik Zhou Wu Wang (周武王) yang bernama Adipati Zhou, Zhou Gong (周公), bertindak sebagai wali.

Karena tidak puas maka Wu Geng (武庚) bersama dengan Cai Shu Du, Guan Shu dan Huo Shu melakukan pemberontakan. Cai Shu Du, Guan Shu dan Huo Shu dikenal sebagai Tiga Pengawal. Pemberontakan berhasil dipadamkan oleh Zhou Gong (周公).

Wu Geng (武庚) mempunyai nama kehormatan Lu Fu (禄父). Keturunannya mempergunakan Lu (禄) sebagai nama marga.

Berdasarkan catatan lain, asal usul marga Lu (禄) adalah dari kantor pemerintah Si Lu (司禄) pada masa Dinasti Zhou. Keturunan pejabat pemerintah tersebut mempergunakan Lu (禄) sebagai nama marga. Lu (禄) adalah kependekan dari Si Lu (司禄).

Sumber lain adalah berasal dari daerah Lu Feng (禄丰) dan Lu Quan (禄劝) yang dihuni oleh banyak etnis minoritas. Lu (禄) adalah kata pertama dari nama daerah tersebut dan diadopsi sebagai nama marga.

Tokoh terkenal bermarga Lu (禄) adalah:

  • Lu Dongzan (禄东赞), perdana menteri dan utusan Tibet untuk Dinasti Tang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *