Asal Usul Marga Lü (吕)

Spread the love

Asal Usul Marga Lu (吕)

Nama marga: Lü
Pinyin: Lǚ
Hanzi (Simplified): 吕
Hanzi (Traditional): 吕
Penulisan lain:
– Leui (Kanton)

Marga Lü (吕) berasal dari marga Kaisar Yandi (Hanzi: 炎帝, Pinyin: Yán Dì) , Jiāng (姜). Klan Jiang (姜) adalah sekutu dekat dan sering menjadi pasangan pernikahan klan Ji (姬). Klan Ji (姬) menaklukkan Dinasti Shang untuk mendirikan Dinasti Zhou. Lü Shang (Hanzi: 吕尚, Pinyin: Lǚ Shàng), juga dikenal sebagai Jiang Ziya (Hanzi: 姜子牙, Pinyin: Jiāng Ziyá), adalah anggota silsilah Lü dari klan Jiang, seorang jenderal top yang memimpin pasukan Zhou yang secara meyakinkan mengalahkan Shang pada Pertempuran Muye yang bersejarah.

Jenderal penting lainnya selama pertempuran adalah Lü Ta, juga berasal dari garis keturunan Lü dari klan Jiang. Setelah pembentukan Dinasti Zhou, Lü Shang mendapat anugerah Negara Bagian Qi (齐国), yang kemudian menjadi salah satu negara bagian utama pada periode Musim Semi dan Musim Gugur dan Negara-Negara Berperang.

Boyi (伯益) berjasa besar dalam mengatur aliran sungai serta mengendalikan banjir besar. Boyi (伯益) membantu Da Yu (大禹) mendirikan Dinasti Xia. Boyi kemudian mendapatkan anugerah Negara Lü (吕国). Negara Lü dihancurkan oleh Negara Chu (楚国) pada masa Musim Semi dan Musim Gugur. Generasi penerusnya kemudian menggunakan nama negara sebagai nama marga mereka.

Asal usul Lü lainnya berasal dari silsilah Wei (魏) dari nama keluarga Ji (姬). Selama periode Musim Semi dan Musim Gugur, Pangeran Chong’er (重耳) diasingkan dari Jin dan salah satu pengikutnya adalah Wei Wuzi (魏武子). Chong’er kemudian naik takhta Jin sebagai Adipati Wen dari Jin (Hanzi: 晋文公, Pinyin: Jìn Wén Gōng). Putra Wei Wuzi, Wei Qi (魏锜) diberi wilayah Lü (吕) dan Chu (厨). Banyak keturunannya mengubah nama keluarga mereka menjadi Lü (吕).

Selama masa Dinasti Wei Utara, dinasti yang dimpimpin etnis Xianbei, Kaisar Xiaowen menerapkan kebijakan asimilasi dengan memerintahkan rakyatnya sendiri untuk mengadopsi nama keluarga Han. Klan Chilü (叱吕) dari Xianbei mengadopsi Lü sebagai nama keluarga mereka.

Orang-orang dari banyak etnis minoritas lain di Tiongkok juga mengadopsi Lü sebagai nama keluarga mereka, termasuk Manchu, Li, Tu, Mongol, Tujia, dan Korea.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Lü (吕) adalah:

  • Lü Buwei (吕不韦), perdana menteri pada masa Dinasti Qin.
  • Lü Zhi (吕雉), istri Kaisar Gaozu dan penguasa efektif Dinasti Han setelah kematian suaminya.
  • Lü Yin (吕諲), pejabat dan penasihat pada masa Dinasti Tang.
  • Lü Dongbin (吕洞宾), cendekiawan pada masa Dinasti Tang.
  • Lü Liuliang (呂留良), penyair dan cendekiawan pada masa Dinasti Ming dan Dinasti Qing.

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 10 =