Asal Usul Marga Hong (洪)

Asal Usul Marga Hong (洪)

Nama marga: Hong
Pinyin: Hóng
Hanzi (Simplified): 洪
Hanzi (Traditional): 洪
Penulisan lain:
– Ang (Hokkian & Teochiu)
– Fung (Hakka)
– Hoong (Kanton)
– Hung (Kanton)

Asal usul marga Hong (洪) bisa dilacak jejaknya dari masa Tiongkok Kuno. Gong Gong (共工), seorang keturunan kaisar legendaris Yan Di (炎帝), adalah ahli dalam mengatur aliran sungai dan memegang posisi penting untuk menangani urusan irigasi.

Setelah Kaisar Huang Di (黄帝) mengalahkan Yan Di (炎帝), Gong Gong (共工) tidak puas dengan keadaan yang ada dan mengangkat senjata melakukan pemberontakan.

Kaisar Di Ku (帝喾) mengumpulkan pasukan dan melawan pemberontakan. Diantara pasukannya terdapat keturunan Sui Ren (燧人), yang menemukan api. Sehingga dikenal sebagai pertempuran antara Air dan Api. Gong Gong (共工) berhasil dikalahkan, namun dia tetap diangkat untuk menduduki posisi lamanya.

Pada masa pemerintahan Kaisar Shun (舜), Yu (禹) ditunjuk untuk mengatasi banjir, tetapi Gong Gong (共工) tidak bersedia bekerja sama, sehingga Gong Gong (共工) diasingkan ke alam liar di Jian Nan (江南).

Demi mengenang nenek moyang mereka yang ahli dalam mengatur aliran sungai, keturunan Gong Gong (共工) kemudian menambahkan komponen air ke dalam Gong (共) sehingga membentuk Hong (洪).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Hong (洪) adalah:

  • Hong Liangji (洪亮吉), ilmuwan pada masa Dinasti Qing.
  • Hong Xiguan (洪熙官), tokoh terkenal dari kungfu Shaloin Selatan yang hidup pada masa Dinasti Qing.
  • Hong Jinbao (洪金宝), yang dikenal sebagai Sammo Hung, aktor Hong Kong.

One thought on “Asal Usul Marga Hong (洪)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *