Asal Usul Marga Gong (龚)

Asal Usul Marga Gong (龚)

Nama marga: Gong
Pinyin: Gōng
Hanzi (Simplified): 龚
Hanzi (Traditional): 龔
Penulisan lain:
– Kong (Kanton)
– Kung (Kanton)

Terdapat beberapa garis asal usul marga Gong (龚).

Zhou Li Wang (周厉王) adalah penguasa Dinasti Zhou Barat yang kejam dan tidak peduli terhadap rakyat. Zhou Li Wang (周厉王) menguasai semua danau dan sungai, serta mencegah rakyat mempergunakan danau dan sungai. Zhou Li Wang (周厉王) juga mengukuhkan hukum yang membuat dia dapat menghukum mati siapa saja yang berani berbicara buruk tentang dirinya. Rakyat hidup penuh penderitaan.

Pada tahun 841 SM, rakyat menyerang istana kekaisaran, dan Zhou Li Wang (周厉王) melarikan diri dengan panik. Salah satu keturunan keluarga kerajaan bernama Ji He (姬和) adalah seorang yang baik dan dicintai rakyat. Ji He (姬和) dikenal juga sebagai Gong He (共和). Setelah Zhou Li Wang (周厉王) digulingkan, rakyat menginginkan Gong He (共和) sebagai penguasa.

Gong He (共和) memerintah selama 14 tahun hingga anak Zhou Li Wang (周厉王) cukup dewasa. Kemudian Gong He (共和) menyerahkan takhta kepada Ji Jing (姬静), yang menjadi Zhou Xuan Wang (周宣王), dan dia kembali ke negaranya, yaitu negara Gong (共).

Negara Gong bertahan hingga masa Musim Semi dan Musim Gugur dan rakyatnya mulai mempergunakan Gong (共) sebagai nama marga. Dikemudian hari, karakter dari Gong (共) ditambahkan karakter naga (龙), sehingga menjadi nama marga Gong (龚).

Catatan lain adalah keturunan Gong Gong (共工), yang juga merupakan keturunan kaisar legendaris Yandi (炎帝), mulai mempergunakan Gong (共) sebagai nama marga. Dikemudian hari, Gong (共) berubah menjadi Gong (龚).

Terdapat pula catatan bahwa marga Gong (龚) yang berasal dari suku Gong (龚) yang berada di negara Ba (巴).

Beberapa tokoh terkenal bermarga Gong (龚) adalah:

  • Gong Kai (龚开), pejabat pada masa Dinasti Song dan pelukis pada masa Dinasti Yuan.
  • Gong Xian (龚贤), pelukis pada masa Dinasti Ming.
  • Gong Zizhen (龚自珍), pemikir dan penulis pada masa Dinasti Qing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *