Asal Usul Marga Fu (傅)

Asal Usul Marga Fu (傅)

Nama marga: Fu
Pinyin: Fù
Hanzi (Simplified): 傅
Hanzi (Traditional): 傅
Penulisan lain:
– Foo
– Poh (Hokkian)

Terdapat beberapa garis asal usul marga Fu (傅).

Keturunan kaisar legendaris Huang Di (黄帝), yaitu Da You (大由), dianugerahi tanah Fu (傅). Keturunannya mempergunakan Fu (傅) sebagai nama marga.

Asal usul lain adalah ketika Shang Wu Ding (商武丁) menjadi penguasa Dinasti Shang, Gan Pan (甘盘) diangkat menjadi perdana menteri. Gan Pan (甘盘) adalah pejabat senior pada masa pemerintahan Shang Xiao Yi (商小乙), ayah Shang Wu Ding (商武丁). Gan Pan (甘盘) berbakat dan pintar, namun usianya sudah tua.

Ditengah-tengah kekuasaan dan gesekan dari para kaum bangsawan yang membuat negara menjadi tidak stabil, diam-diam Shang Wu Ding (商武丁) ingin memberhentikan Gan Pan (甘盘), bahkan telah mencari dan menemukan penggantinya. Namun melakukan pergantian perdana menteri bukan hal yang mudah, karena dapat menimbulkan pertentangan dari para kaum bangsawan.

Shang Wu Ding (商武丁) memiliki rencana tersendiri.

Suatu pagi Shang Wu Ding (商武丁) bangun dengan gembira dan mengatakan bahwa dia bermimpi kedatangan orang suci yang mengatakan ada seorang tawanan dengan pakaian compang-camping dan bungkuk. Pria ini akan membantu Dinasti Shang menuju kesuksesan.

Shang Wu Ding (商武丁) lalu memanggil pelukis untuk melukis pria dalam mimpinya, dan segera memerintahkan pencarian terhadap pria tersebut.

Akhirnya pria tersebut ditemukan sedang melakukan pekerjaan kasar di Fu Yan (傅岩). Pria itu bernama Fu Yue (傅悦), atau dikenal juga sebagai Fu Shuo (傅说).

Shang Wu Ding (商武丁) lalu mengangkat Fu Yue (傅悦) sebagai perdana menteri, dan sesuai harapan, menjadi administrator yang hebat. Dengan bantuan Fu Yue (傅悦), Dinasti Shang menjadi makmur dan Shang Wu Ding (商武丁) dikenal sebagai kaisar reformis. Keturunan Fu Yue (傅悦) menggunakan Fu (傅) sebagai nama marga.

Garis asal usul lain dari masa Musim Semi dan Musim Gugur, keturunan Adipati dari negara Lu memegang jabatan sebagai penjaga segel kerajaan. Keturunannya mempergunakan nama jabatan sebagai nama marga mereka.

Pada masa Dinasti Qing, beberapa nama keluarga dari etnis Manchuria seperti Fu, Fuca, Fugiya, Fuciri, Fulkuru, Fujuri dan Fulha, mengadopsi Fu (傅) sebagai nama marga Han mereka.

Beberapa tokoh terkenal bermarga Fu (傅) adalah:

  • Fu Shan (傅山), sastrawan pada masa akhir Dinasti Ming hingga Dinasti Qing.
  • Fu Youde (傅友德), jenderal pada masa Dinasti Ming.
  • Fu Yi (傅奕), pejabat dan sejarawan pada masa Dinasti Tang.
  • Fu Kuan (傅寬), jenderal yang mengabdi kepada Liu Bang (刘邦), pendiri Dinasti Han.
  • Fu Jiezi (傅介子), pejabat pada masa Dinasti Han.
  • Fu Qian (傅佥), jenderal pada negara Shu, atau dikenal juga sebagai Shu Han, pada masa Tiga Negara.
  • Fu Xun (傅巽), politisi pada negara Wei, atau dikenal juga sebagai Wei Utara, pada masa Tiga Negara.
  • Fu Xuan (傅玄), sastrawan pada masa negara Wei Utara hingga Dinasti Jin Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *