Yuan Shu

Nama Lengkap: Yuan Gonglu
Lahir: A.D. 155
Meninggal: A.D. 199
Ayah: Yuan Feng
Saudara: Yuan Shao (saudara tiri)

Merupakan saudara tiri dari Yuan Shao, memiliki ayah yang sama namun beda ibu. Yuan Shu merupakan salah satu dari para panglima perang yang bergabung dalam pasukan untuk menumpas Dong Zhuo. Yuan Shu bertanggung jawab atas perbekalan pasukan. Sifat buruk yang ada membuat dia berusaha menggagalkan pencapaian kemenangan oleh Sun Jian pada Terusan Sishui, dia menarik kembali perbekalan untuk tentara Sun Jian pada saat genting, yang berakibat menurunnya semangat dari pasukan Sun Jian sehingga berhasil dikalahkan. Sekembalinya Sun Jian ke markas, Sun Jian menyalahkan Yuan Shu atas bahan makanan yang tidak sampai, namun Yuan Shu melemparkan tanggung jawab ke salah seorang anak buahnya.


Tragisnya, salah seorang anak Sun Jian, Sun Ce, terpaksa berlindung dibawah Yuan Shu setelah kematian sang ayah dalam peperangan. Pada awalnya Yuan Shu menolak permintaan tentara oleh Sun Ce, namun Sun Ce menawarkan stempel kerajaan yang diberikan sang ayah sebagai ganti tentara, yang tentunya tidak dapat ditolak oleh Yuan Shu.

Memiliki stempel kerajaan membuat Yuan Shu berani mengangkat dirinya sebagai Kaisar. Perbuatan ini menjadi awal dari bencana besar bagi Yuan Shu, karena berakibat Cao Cao, Liu Bei, Lu Bu dan Sun Ce melancarkan serangan terhadap dirinya. Tidak berdaya menahan serangan yang ada, wilayah kekuasaan Yuan Shu berhasil berpindah tangan.

Kehilangan wilayah kekuasaan membuat Yuan Shu melarikan diri ke utara untuk bergabung dengan saudara tirinya, Yuan Shao, dan berkeinginan menyerahkan stempel kerajaan kepada Yuan Shao. Sial bagi Yuan Shu, Liu Bei menghadang di tengah jalan dan memusnahkan sisa-sisa tentara Yuan Shu.



Category: Tiga Negara  Tags: , ,
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
2 Responses
  1. Kevin says:

    I’m sorry, Yuan Shu. But I have no time to spend on you.
    - Sun Ce -

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>