Lu Bu (吕布)


Nama Lengkap: Lu Fengxian
Lahir: A.D. 156
Meninggal: A.D. 198

Seorang petarung yang sangat hebat pada masa Tiga Negara, dengan keahlian bertempur dan memanah. Lu Bu adalah anak angkat dari Ding Yuan. Diperintah oleh sang ayah, Lu Bu menolak keputusan Dong Zhuo untuk mengganti Kaisar Xian dengan Kaisar Shao.

Menyadari bahwa Lu Bu (吕布) menghalangi rencananya untuk mengangkat Kaisar Xian, Dong Zhuo mengikuti nasehat Li Su untuk mengambil hati Lu Bu dengan memberikan hadiah “Kuda Merah”, sutera, permata dan emas. Tidak mampu menolak kuda yang diberikan, Lu Bu membunuh Ding Yuan dan berpindah ke sisi Dong Zhuo.

Dengan Lu Bu disisinya, Dong Zhuo semakin berkuasa dari hari ke hari. Setelah Cao Cao mengalami kegagalan untuk membunuh Dong Zhuo, Wang Yun memiliki ide untuk memecah belah antara Dong Zhuo dengan Lu Bu menggunakan Diao Chan. Terpesona oleh kecantikan Diao Chan, sekali lagi Lu Bu membunuh ayah angkatnya, Dong Zhuo. Penghianatan dan pembunuhan kedua ayah angkatnya memberikan reputasi jelek bagi diri Lu Bu.

Untuk membalas dendam kematian Dong Zhuo, Li Jue dan Guo Si memimpin tentara menyerang Lu Bu. Tidak mampu mengusir serangan, Lu Bu melarikan diri dengan sisa-sisa tentara yang ada. Kesempatan emas tiba ketika Cao Cao menyerang Xuzhou. Lu Bu dengan bantuan Chen Gong menyerang daerah Cao Cao dengan tiba-tiba dan berhasil menguasai banyak daerah strategis, Yanzhou berada di tangan Lu Bu. Namun kemenangan itu hanya bisa dinikmati dalam waktu singkat, Cao Cao memimpin tentaranya untuk menguasai kembali Yanzhou.

Hilangnya Yanzhou ke tangan Cao Cao, Chen Gong mengusulkan agar Lu Bu berlindung dibawah Liu Bei di Xuzhou. Takut akan ancaman yang menghadang dari gabungan Liu Bei dan Lu Bu. Cao Cao menjalankan usul Xun Yu untuk memecah belah. Rencana pertama tidak berhasil, namun rencana kedua membuahkan hasil. Dengan dasar sifat buruk yang dimiliki, Lu Bu melancarkan serangan tiba-tiba dan menguasai Xuzhou dengan mengalahkan Zhang Fei yang pemabuk.

Perbuatan menyingkirkan tuan rumah ini semakin membawa Lu Bu ke dalam jurang. Tragis bila mengingat seseorang yang memiliki kemampuan tempur begitu hebatnya tidak ditaklukkan dalam pertempuran melainkan oleh anak buahnya sendiri ketika diikat pada saat tidur di menara gerbang kota Xiapi. Seorang berkeahlian tempur tinggi yang membawa ketakutan pada musuh-musuhnya ternyata takut menghadapi kematian.

Diikat dan dibawa kehadapan Cao Cao, Lu Bu memohon agar diampuni jiwanya serta berjanji taat mengabdi kepada Cao Cao dan menggunakan kemampuannya untuk menguasai daerah-daerah lainnya. Pada mulanya Cao Cao terbujuk, namun setelah berdiskusi dengan Liu Bei, Cao Cao menghukum mati Lu Bu, ini karena Liu Bei memperingatkan Cao Cao bahwa Cao Cao mungkin menjadi orang ketiga yang akan ditusuk dari belakang oleh Lu Bu, setelah Ding Yuan dan Dong Zhuo.

Penghianatan-penghianatan yang dilakukan Lu Bu membawa dirinya ke gerbang kematian.


28 thoughts on “Lu Bu (吕布)

  1. HAhaha..PadahaL Lu BU Keren N Hebat….Trnyata kejam..syg sekali…Cba kalo dya tdak sprti itu psti dya akan mjd jenderaL terhebat n di percaya dlm sejarah China

  2. Lu Bu nggak jahat . . ! dia cuma gampang dihasut . .
    kasiian banget . .
    padahal love Lu Bu xo damn much!!!!
    Lu Bu tetep the best warrior vo me here with Ma Chao !
    Lu Bu the mighty warrior ^^

  3. lubu is the best…..plng keren dan paling tangguh di game dynasty warrior…gue tmbh sk ama lubu setelah di dynasty warrior ke 6 dy dganti jubah perangnya…tambah macho dy..wkwkwkwk.hidup lubu

    • Lu Bu punya jiwa tempur yang hebat.
      Dia memang hebat.Saya sebagai orang Tiong Hoa juga
      salut sama Lu Bu.

  4. Lu Bu hebat, tangguh, kuat, tp sayang harus maeninggal d tangan Cao Cao. d cekik pula lagi, aturan mati dlm perang kek biar keren,hehehe… mngkn emang takdir’y harus gitu x y^_^

  5. Kebodohan,kerakusan n ketidak lurusan hatinya yg membuat lu bu sndr msk ke jurang
    Kematiannya..lu bu di sejajarkan dgn petarung negara chu xiang yu(era melawan dinasti qin) ….
    Contohnya di game RTK onslaught sekali bisa membunuh 5000 lbh prajurit..guan yu,zhang fei,zhao yun
    ,Ma chao..hanya 3500…bgt jauh perbandingannya….bravo Lu Feng Xian

  6. cba lu bu ga gmpang d hasut mngkin cao cao ud d gnti sma lu bu kali ap lgi klo yg jdi penasehat zhuge liang bsa jd penguasa kali ya

  7. Walapun Lu Bu tentara yang jahat,tapi Lu Bu ntuh paling hebat dan jga paling tegas.Salut w yang bikin Dynasty Warriors 6 soalna Lu Bu dsituh gagah sma yang paling terkuat d antara yng laenna,,,,”Lu Bu Is The Best”,,, :)

  8. Lu Bu tetap yang pertama wlaupun menghadapi tiga kakak beradik Liu Bei, Guan Yu & Zhang Fei pun tetep tidak terkalahkan, hanya saja dia mendapatkan karma karena selalu khianat maka ia pun dihianati oleh tiga jendralnya sendiri utk dibunuh oleh Cao Cao.
    Lu Bu is the best baik dlm sejarah maupun di game Dinasty warrior.

  9. Lu Bu, meskipun dia hebat, tetapi kelicikannya merugikan semua orang. Dia menghalalkan segala cara untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya.
    Seperti cerita di atas, Lu Bu ditangkap dan dibawa ke Cao Cao. Karena takut akan kematian, Lu Bu membujuk Cao Cao agar tak membunuhnya dan menjadikan dirinya sebagai bawahannya. Cao Cao mengadakan perundingan dengan Liu Bei.
    Akhirnya, Liu Bei memperingatkan Cao Cao, kalau mungkin Cao Cao menjadi orang ketiga yang akan dibunuh oleh Lu Bu. Akhirnya, Cao Cao membunuh Lu Bu dengan cara dicekik sampai dia mati.
    Dahulu, hukuman Cekik diperuntukkan perempuan, sedangkan pria dipenggal kepalanya. Ini sebagai penghinaan kepada Lu Bu.

  10. coba aja lubu pinter dikit kaya
    kwe cheng. Mungkin cao cao udah kalah. Pasti lubu yang jadi warrior legendaris di dataran tengah bukannya kwe cheng. Orang mongolpun gak bisa menyentuh dataran tengah.

  11. lubu adalah tokoh dinasty warrior yang sangat merugikan bahawannya tetapi ada yang rela seperti gao shun , chen gong , dan zhang liao tetapi juga ada yang menghiati seperti wei xu , hou cheng , dan song xian andai lubu dari dulu di kudeta psti tidak akan begini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>