20 thoughts on “Kisah Sebatang Pohon

  1. chandra susanto says:

    cerita yang menarik sekali…
    pohon tersebut dilambangkan sebagai orang tua kita…
    seperti pohon tersebut orang tua selalu ingin memberi untuk kita dari kecil hingga kita tua nanti… mereka akan selalu menyayangi kita.

    Jadi disaat kita masih muda dan aktif sekarang bila masih ada orang tua kita, maka sempatkanlah diri kita untuk singgah ke orang tua kita. Mereka akan senang walau kita hanya sekedar singgah walau untuk sebentar, walaupun kita tidak membawa apa2, mereka sudah senang hanya dengan cukup melihat anaknya.

    ….
    Berlaku baik terhadap ibu merupakan kebahagiaan dalam dunia ini;
    berlaku baik terhadap ayah juga merupakan kebahagiaan.

  2. novembie says:

    kalau memang cerita ini bermakna tentang kisah orang tua & anaknya,hem… betapa gak tahu dirinya anak itu! masa’ datang ke orang tuanya cuma waktu menginginkan sesuatu sudah itu lupa…
    Tapi yang namanya orang tua itu memang pasti sayang banget sama anak,mau bagaimanapun juga,orang tua pasti ingin membahagiakan anak2nya.

  3. marina says:

    ngga juga.. aq punya ortu laki2 ngga kek gt malah banding terbalik.. ga rawat aq ga main sama aq ga perduli sama aq.. tp pas aq dah gede , aq minta tolong sm dia sekali, tp dia minta balasan yg melebihi batas kemampuan aq…
    bikin aq sedih dan durhaka krn jd ga bs menghormati dia sebagai ortu.

    tapi gmnpun ortu ku yg laki2 itu.. aq berharap aq ga akan pernah jd spt dia tuk anak2 ku.. aq berharap bs spt pohon itu.. memberi yg ada di aq tuk anak2 aq.

  4. mayako says:

    aduuuhh..jadi sdih bgt ni abis baca crita ttg pohon di atas..padahal tadi ga sengaja terbaca..gara2 cari2 tugas ttg kebudayaan cina..eehh malah ktemu crita ini..tp bgs deh..ku jadi sadar ortu itu begitu berharga dan berarti dibanding apapun..

  5. USHINO CHOI says:

    Begitulah cerita2 filsafah yang slalu dipelajari dlm buku pelajaran mandarin, selalu ada sebuah cerita sederhana dan makna tersendiri…

  6. Zhuelychuan says:

    Kisahnya baguz bgt,btapa brharganya ksh syg org tua,tp kdg2 qt msh sja sering mnyakiti’a,
    dui puk chi ama-apa

    • angeline says:

      iya memang benar kasih & jasa orang tua memang tidak terbalaskan tapi tidak semua orang tua itu berperilaku baik, kadang sebagai anak saya merasakan orang tua berlaku tidak adil terhadap anaknya sendiri, yang lebih punya materi (dalam hal ini uang) yang disanjung, dibela, walaupun dari sudut pandang sebagian saya sendiri atau saudara dekat bahwa tindakan itu salah, merasa diri paling benar, sedangkan ada anak lain yang hidupnya hanya pas-pas-an tidak digubris, malah di campakkan, apakah orang tua begini bisa dijadikan panutan ? kadang saya berpikir koq bisa ya yang namanya orang tua itu membeda-bedakan, padahal semua itu anaknya sendiri !!!!!

  7. Lya says:

    aq sedih melihat cerita di atas,.. tetapi ortu q bukan yg seperti itu,.. mungkin karena kami bersaudara ber4,sepertinya pilih kasih itu sangat nampak dari mereka,.. begitu juga dgn cucu2nya,..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>