Kebahagiaan Ganda

Kebahagiaan GandaSebuah karakter Tionghoa yang banyak dikenal, Kebahagiaan Ganda, yang tertera pada kertas merah atau potongan kertas selalu ada pada saat pernikahan.

Terdapat asal usul dibalik itu.

Pada masa Dinasti Tang, terdapat seorang pelajar yang ingin pergi ke Ibukota untuk mengikuti ujian negara, dimana yang menjadi juara satu dapat menempati posisi menteri.

Sayangnya, pemuda itu tersebut jatuh sakit di tengah jalan saat melintasi sebuah desa di pegunungan. Untung seorang tabib dan anak perempuannya membawa pemuda itu ke rumah mereka dan merawat sang pelajar. Pemuda tersebut dapat sembuh dengan cepat berkat perawatan dari tabib dan anak perempuannya.

Setelah sembuh, pelajar itu harus meninggalkan tempat tersebut untuk melanjutkan perjalanan ke Ibukota. Namun pelajar itu mengalami kesulitan untuk mengucapkan selamat tinggal kepada anak perempuan sang tabib, begitu juga sebaliknya. Mereka saling mencintai.

Maka gadis itu menulis sepasang puisi yang hanya sebelah kanan agar pemuda itu melengkapinya, “Pepohonan hijau dibawah langit pada hujan musim semi ketika langit menutupi pepohonan dengan gerhana”

Setelah membaca puisi tersebut, sang pelajar berkata, “Baiklah, saya akan dapat mencapainya meskipun bukan hal yang mudah. Tetapi kamu harus menunggu sampai aku selesai ujian”. Sang gadis mengangguk-angguk.

Pada ujian negara, sang pelajar mendapatkan tempat pertama, yang mana sangat dihargai oleh kaisar. Pemuda itu juga bercakap-cakap dan diuji langsung oleh kaisar.

Keberuntungan ternyata pada pihak sang pemuda.

Kaisar menyuruh pemuda itu agar membuat sepasang puisi.

Sang kaisar menulis: “Bunga-bunga merah mewarnai taman saat angin memburu ketika taman dihiasai warna merah setelah sebuah ciuman”.

Pemuda itu langsung menyadari bahwa puisi yang ditulis oleh sang gadis sangat cocok dengan puisi kaisar, maka ia menulis puisi sang gadis sebagai pasangan puisi kaisar.

Kaisar sangat senang melihat bahwa puisi yang ada merupakan sepasang puisi yang harmonis dan serasi sehingga ia menobatkan pemuda itu sebagai menteri di pengadilan dan mengijinkan pemuda itu untuk mengunjungi kampung halamannya sebelum menduduki posisinya.

Pemuda itu menjumpai sang gadis dengan gembira dan memberitahu kepada sang gadis puisi dari kaisar.

Tidak lama kemudian mereka menikah.

Untuk pesta perayaan pernikahan, sepasang karakter Tionghoa, bahagia, dipasang bersamaan pada selembar kertas merah dan ditempel di dinding untuk menunjukkan kebahagiaan dari dua kejadian yang bersamaan, pernikahan dan pengangkatan sang pemuda.

Sejak saat itu, tulisan Kebahagiaan Ganda menjadi sebuah tradisi yang dilakukan pada setiap pesta pernikahan.



You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed.You can leave a response, or trackback from your own site.
14 Responses
  1. NICE says:

    Romantis banget

  2. Wijayeti says:

    Sumber informasi adat-istiadat
    yang harus kita jaga dan kembangkan terus.

  3. aiwela tan says:

    So Romantic…i really like all about Chinese

  4. cewek gadis says:

    waduh dalem nih artinyaaa

  5. pan² says:

    sejarah yang bikin senyum ^^
    sempurna!!

  6. sciene says:

    udah banyak orang yang uda gak tau asal usul kenapa orang nikah make huruf iniyang orang suku khek dikenal sebagai huruf HIE yang artinya kebahagian berdua yang abadi selama akhir hayat….

  7. tisana says:

    o…g baru tau,klu huruf ‘HIE’ asal-usulnya dari kisah cinta ini.
    betapa bahagianya jd orang yang lambang cintanya diabadikan sampai turun-temurun…wow.

  8. Joe says:

    Romantis bget,,, i like it ^_^

  9. ceritanya bener-bener romantis bgt…..

  10. jabon says:

    ceritanya betul betul sangat menyentuh

  11. Mike says:

    Bangga jadi orang tionghoa..!!!

  12. danu says:

    boleh kan saya ambil beberapa sumber
    buat bahan proposal saya

    • Tionghoa.com says:

      Terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada website ini.
      Silahkan mempergunakan artikel pada website ini untuk bahan proposal Anda, dengan syarat menyebutkan sumber serta mencantumkan link ke website Tionghoa.com ini. :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>