Hua Mulan (花木兰)


Salah satu figur yang terkenal karena menyamar sebagai pria adalah Hua Mulan (花木兰). Namanya telah lama disejajarkan dengan kata “pahlawan”, meskipun terdapat beberapa perbedaan pendapat mengenai nama sebenarnya. Menurut Buku Riwayat Ming, nama keluarganya adalah Zhu, sedangkan Buku Riwayat Qing mengatakan Wei. Xu Wei mengemukakan pendapat yang lain, bahwa Mulan bergabung dengan tentara karena ayahnya, dia memberikan nama keluarga Hua. Yang lainnya berdasarkan Nyayian Mulan memberikan nama keluarga Mu.

Tempat asal dan pada jaman apa Mulan hidup juga masih merupakan kabut. Dia dikatakan hidup pada saat kerajaan Wan di Hebei, lainnya mempercayai bahwa dia berasal dari propinsi Shangqiu di Henan, dan pendapat lainnya mengatakan dia adalah orang asli dari protektorat Liang di Gansu. Satu hal yang sama mengenai Mulan adalah dia berasal dari daerah yang dikenal sebagai Daratan Tengah (Tiongkok).

Cheng Dachang dari dinasti Song mencatat bahwa Mulan hidup pada jaman antara dinasti Sui dan Tang. Song Xiangfeng dari dinasti Qing menyatakan bahwa Mulan hidup pada saat dinasti Sui, sedangkan Yao Ying, yang juga berasal dari dinasti Qing, mempercayai bahwa Mulan hidup pada jaman Enam Dinasti. Tidak ada catatan resmi sejarah dinasti Song mengenai diri Mulan. Cerita-cerita yang beredar di Tiongkok menunjukkan bahwa Mulan hidup pada saat sebelum dinasti Tang.

Semua buku sejarah dan legenda menunjukkan satu kesepakatan mengenai jasa besarnya. Dikatakan bahwa ayah Mulan menerima perintah untuk mengabdi kepada tentara. Dia sudah mengetahui hal itu sebelumnya namun saat itu dia sudah tua dan lemah. Mulan mengetahui hal bahwa tersebut adalah mustahil bagi ayahnya untuk bergabung dengan tentara dan satu-satunya adik lelaki Mulan masih terlalu muda. Maka Mulan memutuskan untuk menyamar sebagai pria dan menggantikan posisi ayahnya.

Para tentara melewati banyak pertempuran yang sangat sulit untuk beberapa tahun sebelum mereka diperbolehkan pulang ke rumah. Mulan dipanggil ke pengadilan oleh Kaisar yang menginginkan menunjuknya sebagai perwira tinggi atas jasa-jasa besarnya. Namun Mulan menolak penunjukan tersebut dan memilih menerima sebuah kuda.

Pada kemudian hari, ketika para bekas atasannya berkunjung ke tempat Mulan, mereka baru mengetahui bahwa Mulan adalah seorang wanita.

Cerita ini telah dikenal luas dan banyak memberikan inspirasi bagi karya-karya sastra seperti sajak, puisi, opera dan lukisan.


2 thoughts on “Hua Mulan (花木兰)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>