Dinasti Shang

Periuk ShangRibuan benda-benda peninggalan bersejarah ditemukan di Huang He pada Lembah Henan yang membuktikan adanya peradaban manusia dan membuktikan adanya Dinasti Shang pada masanya. Dinasti Shang, yang juga dikenal dengan nama Dinasti Yin, berdiri karena adanya pemberontakan yang berhasil menggulingkan Dinasti Xia.

Peradaban masa ini didasari pada pertanian dan berburu binatang. Dua pencapaian penting dari masa Dinasti Shang itu adalah pengembangan tulisan, yang dibuktikan dengan penemuan tulisan pada tempurung kura-kura dan tulang sapi datar, dan penggunaan peralatan perunggu. Banyak peralatan perunggu yang ditemukan membuktikan bahwa pada masa Dinasti Shang alat-alat dari perunggu merupakan alat yang sangat berperan, dan menunjukkan peradaban yang sudah berkembang.

Tulang Sapi DatarDinasti Shang memerintah pada bagian utara Tiongkok dan tentara Shang banyak bertempur dengan kaum barbar. Ibukota Dinasti Shang, yang pada saat ini berada pada kota modern Anyang (An Yang), merupakan pusat dari segala kegiatan. Ritual untuk menghormati leluhur dikembangkan dengan pesat pada masa itu. Sehingga memposisikan raja sebagai kepala dari ritual tersebut.

Bukti dari makam kerajaan menunjukkan bahwa orang-orang kerajaan dikubur bersamaan dengan benda-benda yang bernilai, yang pada masa itu dianggap akan digunakan pada kehidupan setelah kematian. Mungkin karena alasan yang sama, ribuan rakyat jelata juga turut dikubur bersama.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>