Chibi

Chibi adalah tempat pertempuran dimana Cao Cao menderita kekalahan terbesarnya, hanya dalam satu malam tentara yang begitu perkasa menjadi sekumpulan sisa-sisa kapal karam yang terbakar. Terjadi pada Sungai Yangtze dimana kedua belah pihak yang berperang mengambil posisi yang berseberangan.

Tentara Cao Cao yang tidak terbiasa peperangan di air mengalami mabuk karena goncangan-goncangan di kapal, sehingga disetujuinya sebuah usul untuk menggabungkan kapal-kapal yang ada satu sama lain dengan rantai. Ini membuat Cao Cao sangat bangga dan tentaranya tidak mabuk.

Namun kebanggaan itu berubah menjadi malapetaka bilamana tentara Kerajaan Wu, musuh Cao Cao saat ini, mengirimkan api melalui kapal yang sengaja dibakar. Dalam waktu singkat, kehancuran dan kekalahan harus dialami Cao Cao.

Kekalahan Cao Cao memberikan rasa percaya diri yang tinggi kepada Kerajaan Wu, meskipun mereka memiliki tentara yang lebih sedikit dari Cao Cao namun mereka memiliki keuntungan alamiah dengan adanya Sungai Yangtze dan kemampuan mereka yang sudah terbiasa berperang di air.

Bagi Liu Bei, pertempuran Chibi memberikan pijakan yang berarti karena dapat menguasai Jingzhou bagi membangun tentara dan bahan makanan sementara Kerajaan Wu mencoba menguasai Hefei.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>